SOFTWARE
BAB I
PEMBAHASAN
1. Pengertian software
Software adalah :
a.
Program
komputer yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman dan dipergunakan untuk
menyelesaikan masalah tertentu.
b.
Melakukan
pekerjaan-pekerjaan sesuai kebutuhan user.
Contoh :
ü Program-program
dalam dunia perbankan yang digunakan untuk menyediakan informasi rekening bulanan para
nasabah.
ü Program
dalam perusahaan penerbangan yang memberikan
informasi pemesanan dan
jadwal penerbangan.
2. klasifikasi software
Berikut ini klasifikasi software :
1. Sistem Operasi,merupakan perangkat
lunak
yang
mengoperasikan komputer
serta menyediakan antarmuka dengan
perangkat lunak lain atau dengan
pengguna. Contoh sistem operasi : MS
DOS, MS Windows (dengan berbagai
generasi), Macintosh, OS/2, UNIX
(dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll
2. Program Utilitas,merupakan program
khusus yang berfungsi sebagai
perangkat
pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk
manajemen
hardisk, dll. Contoh produk program utilitas :
Norton Utilities,
PartitionMagic,
McAfee,dll
3. Program Aplikasi,merupakan program
yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi
akuntansi, aplikasi perbankan,aplikasi manufaktur, dll
4.
Program
Paket,merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :
a. Pengolah kata/editor naskah :Wordstar,MS
Word, Word Perfect,AmiPro,dll.
b. Pengolah angka/ lembar kerja Lotus123,
MS Excell, QuattroPro,dll
c. Presentasi :MS PowerPoint,dll
d. Desain grafis :CorelDraw, PhotoShop,dll
5. Bahasa Pemprograman,merupakan
perangkat lunak untuk
pembuatan atau pengembangan
perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman
dapat diklasifikasikan menjadi
tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat
rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan ‘bahasa manusia’. Bahasa tingkat
rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan
satu persatu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi :
Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa tingkat menengah : bahasa C. Seperti
perangkat lunak lain,bahasa pemprograman juga memiliki pertumbuhan generasi.
a. klasifikasi software berdasarkan fungsi
Aplikasi Komputer berdasarkan fungsinya dibedakan menjadi :
Ø Aplikasi Bisnis / Perkantoran
Setiap bisnis, besar
atau kecil, memproses
sejumlah data yang
besar dalam operasi hariannya. Data diperoleh dari payroll,
faktur customer dan rekening
keuangan, inventaris manajemen,
dan rekening biaya customer yang
semuanya harus dikalkulasi,
disimpan, diklasifikasikan,
disortir, diterima, diproses
kembali, dilaporkan, dikomunikasi
dan disebarkan pada suatu
waktu. Pemrosesan data
seperti itu dikenal sebagai Business
Data Processing atau
Data Processing (DP).
Jika pemrosesan ini dilakukan
dengan komputer, hal
ini dikenal dengan Electronic Data Processing (EDP).
Ø Aplikasi
Pendidikan
o Computer Assisted Instruction (CAI)
Komputer secara langsung
digunakan dalam proses
belajar, sebagai pengganti
pengajar ataupun buku.
Beberapa aplikasi CAI adalah :
a. Drill and Practice
b. Tutorial
c. Simulasi
o Computer Managed Instruction (CMI)
Para pengajar memanfaatkan
komputer untuk merencanakan
kuliah, disesuaikan dengan kondisi
para siswa, yang
terdiri dari acara
belajar dengan bantuan komputer, membaca, dan ujian.
o Computer Assisted Testing (CAT)
Komputer digunakan sebagai media
ujian. Bentuknya bermacam-macam, dari mulai yang sederhana
dimana komputer digunakan sebagai pengganti
soal ujian dalam
bentuk kertas, sampai kepada
bentuk yang lebih
maju, dimana kemampuan komputer dimanfaatkan
untuk menggali kemampuan
siswa dengan cara-cara tanya
jawab secara aktif.
o DBMS (Data Base Management System)
Komputer juga dapat digunakan
secara efektif dalam
bisnis manajemen. Melalui komputerisasi
Data Base Management
System (DBMS) dan SIM,
seorang manajer atau
eksekutif perusahaan dapat dibantu
dalam membuat keputusan
tentang seluruh operasi
bisnisnya dan dapat memberikan bimbingan dan instruksi kepada
bawahannya.
Ø Aplikasi
Grafik
Aplikasi komputer grafik awal perkembangannya dimulai pada akhir tahun
1950-an dan awal 1960-an. Merupakan suatu program komputer yang digunakan dengan
menarik sebuah gambar
yang memberikan dimensi baru pada
bidang komputer saat itu.
Dua cara nyata
untuk dapat memasukkan
informasi grafik ke
dalam komputer menjadi suatu aplikasi, yaitu :
o Direct Programming Graphics, dengan menuliskannya ke dalam bahasa
pemrograman.
o Digitizing (or Graphics) Tablets, dengan menggunakan mouse.
Ø Aplikasi
Animasi
Merupakan bentuk seni
yang tampak secara
spontan menimbulkan gerakan kehidupan
pada suatu obyek.
Untuk mencapai efek
tersebut, animator harus membangun
rangkaian frame/gambar dari
sebuah subyek, yang setiap
frame berikutnya sedikit
berbeda dari frame sebelumnya. Sebenarnya terdapat
beberapa fungsi yang
berbeda untuk menghasilkan animasi
berbasis komputer dan
salah satunya ialah animasi tiga
dimensi (3D). Salah satu tekniknya ialah
dengan mencipta objek yang
kemudian disesuaikan dan
digerakkan, dimana akhirnya akan
menghasilkan animasi 3D yang lengkap. Fungsi
lain untuk menciptakan
animasi komputer ialah
dengan menggunakan alat pengecatan
komputer yang standar
untuk mengecat frame-frame tunggal
sebelum dilakukan proses penggabungan. Ini
kemudian disimpan sebagai
sebuah file gambar (movie).
Ø Aplikasi Web
Merupakan bagian dari internet sebagai komunitas jaringan komputer yang
memberikan pelayanan WWW (World Wide Web) dan HTTP (Hypertext Transfer
Protocol).
Ø Aplikasi
Untuk Kelas Tertentu
o Air Traffic Control System
Sistem yang berfungsi untuk memberikan layanan pengaturan lalu
lintas di udara terutama pesawat udara untuk mencegah antarpesawat
terlalu dekat satu sama lain, mencegah tabrakan antarpesawat udara.
o Airline Reservation System
Sistem yang berisi jadwal penerbangan, tarif pesawat, penumpang reservasi dan tiket pesawat.
b. software berdasarkan environment
Aplikasi Komputer berdasarkan environtment-nya dibedakan menjadi :
Ø CLIENT / SERVER APPLICATIO
o Contoh dari
Client/Server Application
Adalah aplikasi web yang didesain dengan menggunakan Active Server Pages (ASP) atau PHP. Skrip PHP atau ASP akan dijalankan di dalam web server (Apache atau Internet Information Services), sementara skrip yang berjalan di pihak klien akan dijalankan oleh web browser pada komputer klien.
o Klien Server
Merupakan penyelesaian masalah pada software yang menggunakan database
sehingga setiap komputer tidak perlu diinstall database, dengan metode
klien-server database dapat diinstal pada suatu komputer sebagai server dan
aplikasinya diinstal pada client.
o User
User disini adalah end user yang mengakses client untuk mendapatkan sebuah layanan. End user bisa saja seorang manager perusahaan, professional, karyawan di sebuah perusahaan, atau pelanggan.
User disini adalah end user yang mengakses client untuk mendapatkan sebuah layanan. End user bisa saja seorang manager perusahaan, professional, karyawan di sebuah perusahaan, atau pelanggan.
o Client
Client dapat berupa sebuah pemproses yang powerful atau dapat juga berupa terminal tua dengan kemampuan proses yang terbatas. Secara mendasar client adalah sebuah PC dengan sistem operasinya sendiri.
Client dapat berupa sebuah pemproses yang powerful atau dapat juga berupa terminal tua dengan kemampuan proses yang terbatas. Secara mendasar client adalah sebuah PC dengan sistem operasinya sendiri.
o Network dan Transmisi
Server dan client dapat terkoneksi dengan sebuah media transmisi. Media
transmisi ini dapat berupa kabel, wireless, atau fiber. Dengan media ini
memungkinkan sebuah perusahaan untuk melakukan enterprice network lebih besar
dalam sebuah workgroup atau departemen. Untuk itu dibutuhkan interoperability
sebagai contoh operasi dan pertukaran informasi yang heterogen melalui berbagai
perangkat software dalam jaringan. Esensinya adalah keterbukaan dalam melakukan
pertukaran baik komponen dan software yang berasal dari vendor yang
berbeda-beda.
o Servers
Konektivitas adalah hal yang terpenting namun bukan satu-satunya faktor untuk mendapatkan efisiensi dan efektivitas sharing resource yang dimiliki. Dibutuhkan sebuah perangkat yang memiliki kemampuan mengontrol software, menjalankan program applikasi, dan mengakses database dengan mudah dan cepat. Untuk itulah diperlukan sebuah Server. Sebuah Server harus mendukung spesifikasi yang mendukung resource sharing seperti Network Server Operating System, Multiple User Interface, GUI ( Graphic User Interface ), dialog oriented cleint – server languange seperti SQL dan database arsitektur.
Konektivitas adalah hal yang terpenting namun bukan satu-satunya faktor untuk mendapatkan efisiensi dan efektivitas sharing resource yang dimiliki. Dibutuhkan sebuah perangkat yang memiliki kemampuan mengontrol software, menjalankan program applikasi, dan mengakses database dengan mudah dan cepat. Untuk itulah diperlukan sebuah Server. Sebuah Server harus mendukung spesifikasi yang mendukung resource sharing seperti Network Server Operating System, Multiple User Interface, GUI ( Graphic User Interface ), dialog oriented cleint – server languange seperti SQL dan database arsitektur.
o Pemrosesan Aplikasi
Data digunakan oleh program applikasi yang mana sebagian besarnya berada di
server.
Ø STAND ALONE
Adalah
aplikasi yang hanya berjalan pada satu komputer dan hanya mampu diakses oleh satu
orang dalam satu waktu (tidak bisa bersamaan).
3.
CARA MENDAPATKAN APLIKASI
Ada tiga cara untuk mendapat program aplikasi :
a.
Mengembangkan program aplikasi
b.
Sewa
c.
Membeli
Sekarang sangat banyak perusahaan internasional membuat program aplikasi
yang dirancang dengan baik, bebas dari kesalahan, user friendly (mudah
digunakan), mempunyai dokumentasi manual, mampu dikembangkan untuk kebutuhan
mendatang, selalu ada versi terbaru.
Daftar pustaka
:
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/663/jbptunikompp-gdl-irvinwahyu-33139-10-10_uniko-i.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar